KERAJINAN DARI LIMBAH KERTAS

Senin, 28 Agustus 2017

MEMBUAT JAM DINDING DARI KERTAS KORAN

Membuat Jam Dinding Menggunakan Koran Bekas 

Sumber:http://www.hipwee.com/tips/9-kreasi-jam-dinding/

Kertas merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam kegiatan sehari-hari, sehingga pemakaian kertas setiap harinya berjumlah sangat besar. Pemakaian kertas tersebut seperti surat kabar, majalah, buku, kemasan, surat-surat, kertas faks, fotokopi dan kertas cetak. Kebutuhan kertas yang berjumlah besar itu selain mendorong produksi industri kertas, ternyata juga menimbulkan masalah-masalah lain seperti masalah lingkungan, yang di dalamnya mencakup masalah-masalah penebangan pohon di hutan, sampah, pencemaran air dan udara.

Saat ini kebutuhan bahan kertas, sebagian besar dipenuhi dari serat kayu. Semakin panjang serat, semakin kuat dan tahan kertas yang dihasilkan. Serat kayu yang panjang ini terdapat pada pohon pinus. Sedang serat kayu yang pendek berguna untuk kehalusan kertas, pohon jenis ini banyak terdapat di Indonesia. “kertas adalah bahan tipis dan rata yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan adalah serat alami mengandung selulosa dan hemiselulosa”.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dilihat bahwa masalah sampah kertas memberi dampak yang cukup serius bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu bentuk pengelolaan sampah kertas yaitu dengan mengolahnya menjadi suatu benda yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat salah satu karya yang berbahan dasar koran bekas, yaitu jam dinding.

Alat dan Bahan yang diperlukan:
1.Koran bekas
2.Lem
3.Tali
           4.Mesin jam

 Cara Membuat:
1.Siapkanlah koran bekas serta bahan dan alat yang dibutuhkan
2.Lalu buatlah stik-stik koran dengan cara digulung dari bagian sudut lalu di lem
3.Selanjutnya gulunglah stik-stik koran yangsudah dilumuri oleh lem disalah satu sisinya menjadi bentuk lingkaran,ikatlah lingkaran tersebut hingga lem nya kering
4.Setelah selesai mebuat lingkaran yang tadi buatlah lingkaran lingkaran yang lebih kecil dari lingkaran yang tadi sudah dibuat dengan vara yang sama
5.Setelah semuanya kering dan sudah jadi sambungkanlah semua lingkaran menggunakan tali
6.Setelah dipastikan ikatan nya kuat pasanglah mesin jam pada bagian lingkaran yang paling tengah
7.Kemudian pasanglah angka yang dibuat dari koran pada lingkaran yang kecil agar jam bisa dipakai

Selamat Mencoba ^-^

 

3 komentar:
Write komentar
  1. Kan katany agar bisa dipakai?tapi kok gk dipsangi batereinya sih kak?😅🙏

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/v

    BalasHapus